Pengetahuan Umum Hewan: Antara Ayam dan Telur Duluan Mana?

Tebak-tebakan yang paling jadul dan paling pasaran di muka bumi ini adalah Ayam dan Telur itu duluan mana? ya kan. Bahkan saking pasarannya tebak-tebakan ini sudah turun temurun dari generasi pakaian tertutup sampai pakaian ketat. Eith, tapi kalian tahu gag sih jawabannya? 

Setelah melakukan petapaan berabad-abad akhirnya Blog Agraass menemukan jawabannya. 

Sebelum mengulas jawaban Blog Agraass akan memberikan terlebih dahulu beberapa pengetahuan umum tentang ayam.

Ayam peliharaan (Gallus gallus domesticus) adalah unggas yang biasa dipelihara orang untuk dimanfaatkan untuk keperluan hidup pemeliharanya. Ayam peliharaan (selanjutnya disingkat "ayam" saja) merupakan keturunan langsung dari salah satu subspesies ayam hutan yang dikenal sebagai ayam hutan merah (Gallus gallus) atau ayam bangkiwa (bankiva fowl). Perkawinan silang antar ras ayam menghasilkan ratusan galur unggul dan murni. Yang paling umum adalah ayam potong dan ayam petelur.

Karena ayam sudah tidak bisa terbang seperti ini :


Ayam mampu beradaptasi di lingkungan manapun. Entah, di Eropa, Asia, Jember, Toilet dia tetep bisa bertahan hidup. Dan juga ayam selama hidupnya mereka tidak pernah kencing. Katanya sih itu terjadi karena mereka sekelompok unggas jadinya antara berak dan kencing dikeluarin dalam satu aket bersamaan gitu. Bener-bener hebat kan

Kembali ke permasalahan. Ayam dan Telur itu duluan mana? jawabannya adalah Ayam. Setelah melakukan pertapaan selama berpuluh-puluh abad. Tim peneliti dari Universitas Sheffield dan Warwick, Inggris menemukan jawabannya. 

Mereka meneliti menggunakan komputer canggih namanya kalau kagag salah yaitu HECToR (High End Computing Terascale Resource). Mereka menelusuri bagaimana telur berbentuk, dan melihat detail proses telur secara mikroskopis. Hasilnya, menemukan protein khusus yang ada di tubuh ayam. Protein itu adalah 'tukang bangunan' tanpa lelah, menyusun bagian-bagian cangkang mikroskopis membentuk cangkang telur. 

Protein itu menginisiasi proses pembentukan cangkang sebelum menyusun bagian telur yang lain. 
Tanpa protein pembangun tersebut, telur tak mungkin terbentuk. Dan, protein itu hanya ditemukan di rahim ayam. "Itu berati ayam ada duluan sebelum telur."

Tapi darimana ayam itu berasal? 
Beberapa teori mengatakan, nenek moyang ayam menciptakan telur zaman Dinosaurus.
Gitu deh pokonya... 
main GTA 5 aja deh keren beneran,..

Comments

Popular posts from this blog

PES 2016 ML / BL Editor [Beta] by extream87

PES 2016 No Replay Logos by stunnah83